Download Instastory

Tadi malam saya kembali melakukan checking terhadap beberapa posting instastory yang menarik yang ingin saya lihat kembali. Tapi ternyata, instastory itu telah dihapus oleh pemilik, atau telah hilang ditelan waktu. Ehm, hanya Tuhan yang tahu.

Mengetahui hal tersebut saya berpikir, adakah cara mengembalikan instastory yang telah dihapus tersebut? Video atau gambar tersebut pernah dibuka di handphone saya, seharusnya ada bekas atau sisa file yang tersimpan di dalam Smartphone saya, sehingga memungkinkan bagi saya untuk mengambil ulang video tersebut. Ya, dalam istilah teknologi, data tersebut disebut dengan cache atau temporary file (berkas/data sementara). Nah, saya mencoba untuk mengakses cache tersebut.

Hal pertama yang saya lakukan tentu adalah mencari folder data dari aplikasi instagram. Caranya cukup simple, cukup dengan mencari folder bernamakan "instagram" melalui file explorer. Yang saya gunakan adalah total commander. Di total commander untuk menemukan seluruh data atau folder yang berkaitan dengan "instagram" item yang dicari/search adalah *instagram*. Setelah menemukan folder yang berisikan instagram. Saya mulai memilah beberapa file yang memungkinkan sebagai file video.

Oh ya, sebelumnya saya ingin menjelaskan mengapa pencarian yang dilakukan harus menggunakan kata *instagram*. Dalam linux lambang * atau asterisk melambangkan pencarian seluruh data. Artinya jika kita mencari * maka seluruh data akan ditampilkan. Berbeda dengan pencarian huruf atau kata tertentu misalnya musik, maka yang dicari hanyalah file atau folder yang memiliki data atay nama musik. Jika kita menambahkan lambang asterisk sebelum kata musik, maka sistem pencarian akan mencari file atau berkas yang memiliki kata-kata bebas sebelum kata musik. Jika kita menambahkan lambang asterisk sebelum  dan sesudah kata musik, maka pencarian yang dilakukan adalah data yang memiliki kata bebas sebelum dan sesudah musik. Ya, mungkin sedikit rumit untuk dimengerti. 😁

Nah, setelah menemukan file yang mungkin menjadi cache dari video instastory yang diinginkan, yang diperlukan untuk memutar file tersebut hanyalah mengubah ekstensi file tersebut menjadi mp4. Saya menemukan bahwa, file dengan ekstensi clean merupakan file video dari instastory yang pernah kita putar di hp kita.

Cara gampang untuk memutar ulang instastory yang pernah kamu putar adalah sebagai berikut :

1. Buka file manager atau explorer
2. Masuk ke folder Android > data > com.instagram.android > cache > video
3. Lihat file dengan ekstensi .clean (misal : 68974309.clean)
4. Kopi file tersebut ke folder yang diinginkan.
5. Rubah atau rename file tersebut. Ubah clean menjadi mp4 (misal : 68974309.mp4)
6. Voila! Kamu telah berhasil mengembalikan instastory yang hilang. 😁. Dengan begitu, kamu tidak hanya mengembalikan instastorynya, tetapi juga sekalian mendownload atau menyimpannya di android kamu.

Oh ya, metode diatas cuma buat android bro. Kalo di iphone tentu caranya ga bakal sama. 😀

0 Comments