Prinsip Penciptaan Planning Organizing Actuating Controlling (POAC)


POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) adalah prinsip manajemen yang menjadi prinsip pertama dalam prinsip penciptaan. Prinsip pertama ini merupakan prinsip yang paling penting dalam proses penciptaan. Kegagalan dalam prinsip pertama memastikan kegagalan seluruh rangkaian penciptaan.
Planning atau perencanaan adalah tahap pertama dalam prinsip ini. Berencana adalah sifat seorang visioner. Visioner dapat melihat apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Melalui penglihatan tersebut, seorang visioner dapat mengambil keuntungan di masa yang akan datang.
Pemenang suatu pertandingan adalah pihak yang mampu membaca alur pertandingan sehingga mampu mengantisipasi gerakan lawan dan mampu membuat lawan di posisi yang tidak menguntungkan.
Itulah yang menjadi salah satu rahasia orang-orang sukses di dunia. Mereka mampu membaca masa depan dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi kondisi di masa depan. Dengan begitu seorang visioner dapat menciptakan aksi yang sesuai dengan masanya, sehingga menjadi aksi yang sangat relevan dan bernilai di setiap masanya.
Tidak hanya membaca kejadian di masa yang akan datang, seorang visioner mempersiapkan dengan matang segala sesuatu untuk menghadapi waktu di masa yang akan datang. Sehingga, mereka yang mampu membaca perjalanan peradaban, mampu menguasai peradaban. Penguasa-penguasa peradaban adalah mereka yang mampu membaca peradaban. Bagaimana mereka membaca peradaban? Satu-satunya cara membaca peradaban adalah dengan membaca masa lampau. Karena tidak ada sesuatu yang baru, semuanya sudah pernah di lakukan di masa lampau.
Mempelajari sejarah peradaban adalah mempelajari pengalaman suatu peradaban. Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Kesalahan manusia adalah manusia sering kali melewati lubang yang sama sehingga manusia bisa berkali-kali jatuh pada lubang yang sama. Padahal jika manusia mau belajar dari sejarah peradaban di masa lampau, manusia mampu menciptakan peradaban yang jauh lebih baik.
Begitu pula dalam proses penciptaan, jika manusia mau belajar dari program yang pernah dilaksanakan oleh manusia lainnya, tentu manusia tersebut dapat menciptakan program yang lebih baik.

0 Comments