Aktivasi RCS di Android Kesayangan Untuk Komunikasi yang Lebih Mudah

Berkomunikasi via SMS sangat terbatas dan membutuhkan biaya yang lebih besar. Sehingga mayoritas pengguna smartphone saat ini menggunakan layanan aplikasi seperti Whatsapp ataupun Telegram untuk berkomunikasi. Layanan ini, menjadi sesuatu yang sangat familiar di kalangan masyarakat, khususnya Indonesia, sehingga hampir semua pengguna smartphone di Indonesia memiliki aplikasi Whatsapp. Kemudahan untuk berkomunikasi dan layanan pengiriman konten yang cepat menjadi keunggulan layanan chat messaging seperti Whatsapp.

Namun satu kendala yang menjadi batasan dalam penggunaan layanan ini adalah setiap handphone harus di install aplikasi Whatsapp terlebih dahulu agar dapat berkomunikasi. Seseorang yang tidak mampu menginstall aplikasi tersebut, sudah pasti tidak dapat terhubung. Walaupun saat ini sudah hampir semua orang mengetahui cara untuk menginstall Whatsapp, tapi hal ini bisa menjadi kendala dikarenakan Smartphone atau telepon pintar yang kita miliki sangat bergantung dengan layanan Whatsapp ataupun layanan chat messaging lainnya.

RCS (Rich Communication Servis) merupakan metode komunikasi alternatif di Smartphone. RCS sama dengan SMS sudah terinstall secara bawaan/default di smartphone. Sehingga, seseorang tidak perlu repot untuk menginstall aplikasi ataupun mengkonfigurasi akunnya untuk menggunakan layanan ini. Hanya perlu kartu SIM dengan koneksi internet, RCS sudah dapat digunakan.

Namun saat ini implementasi RCS belum merata di seluruh smartphone ataupun di seluruh jaringan seluler yang ada. Saat ini, implementasi RCS sudah berjalan dengan baik di Inggris dan Perancis. Tapi, bagi anda yang ingin mencoba fitur ini, saat ini anda sudah bisa mencobanya. Terima kasih atas beberapa redditor yang berhasil menemukan metode ini, sehingga kita dapat mencoba fitur RCS dimanapun dan dengan jaringan seluler apapun.

Karena fitur ini masih dalam tahap pengembangan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum anda bisa menggunakan fitur ini. 

Persyaratan :

  1. Menginstall aplikasi message beta yang dapat diunduh disini Message beta
  2. Menginstall aplikasi Activity Launcher dapat diunduh disini Activity Launcher
Tahap Instalasi :
  1. Matikan Wifi Anda (Wifi dalam kondisi menyala dapat menganggu proses instalasi RCS). Pastikan anda memiliki paket internet, karena dibutuhkan internet dalam proses aktivasinya.
  2. Buka Aplikasi Activity launcher yang sudah anda Install.
  3. Pada aplikasi Activity Launcher, tap dibagian atas yang bertuliskan “recent activities” dan pilih “all activities.”
  4. Skroll kebagian bawah dan temukan aplikasi “Messages.” yang sudah anda install. Pastikan anda sudah menginstall Message Beta.
  5. Tap pada "Messages" dan temukan “Set RCS Flags” pada daftar yang keluar. Pilih "Set RCS Flags" dan menu pengaturan RCS akan tampil.
  6. Jika seluruh tahapan sudah benar, Anda akan melihat kolom “ACS Url” dan "OTP Pattern".
  7. Pilih ‘http://rcs-acs-prod-us.sandbox.google.com/’ pada daftar yang tersedia dengan tap kolom di "ACS Url".
  8. Pilih 'Your\sMessenger\sverification\scode\sis\sG-(\d{6})' pada daftar yang teesedia dengan tap kolom di "OTP Pattern".
  9. Setelah seluruh pilihan sesuai dengan gambar, klik Apply atau Terapkan. Ketika anda mengklik apply atau terapkan, biasanya tidak terjadi apa-apa.
  10. Balik ke menu utama dan tutup aplikasi Messages pada Recent apps atau pada daftar aplikasi yang sudah dibuka.
  11. Buka kembali aplikasi messages dan anda akan melihat tulisan upgrade sekarang atau upgrade now pada bagian bawah aplikasi. Setujui anda akan diminta untuk memverifikasi nomer telepon yang anda miliki.
  12. Untuk memastikan bahwa fitur RCS sudah terpasang, masuk pada bagian pengaturan aplikasi Messages, lalu masuk pada Chat Features. Disana akan terlihat "Status: Connected".
Gambar pengaturan RCS Flags

Pada handphone Dual SIM, pastikan paket data, preferensi penelponan dan preferensi pengiriman pesan dipilih pada satu nomer/kartu/sim. Karena jika ada perbedaan antara pengaturan kartu paket data, penelponan, atau pesan. Fitur RCS tidak dapat diaktifkan.

Untuk proses instalasi Message beta, anda pertama kali harus bergabung ke pengguna Message beta. Biasanya menu ini terletak di bagian bawah keterangan aplikasi. Setelah bergabung pada Message beta, anda perlu mengupdate aplikasinya sekali lagi agar aplikasi yang terinstall yaitu Message beta.

Selamat mencoba. Aktivasi RCS tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya membutuhkan 3 s/d 5 menit jika semua berjalan dengan lancar. Kalo ada pertanyaan atau ada yang belom lengkap silahkan komen di bawah ya.

0 Comments