Pengaturan Photoshop Error "An Integer between 96 and 8 required"

Baru-baru ini, setelah update windows 10. Para pengguna photoshop ternyata banyak yang terjangkit error pada penggunaan aplikasi photoshopnya. Error yang sedang terkenal saat ini adalah error "An integer between 96 and 8 required".

Gejalanya yaitu photoshop jadi tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Terutama dalam penyimpanan file ke ekstensi jpeg, png, dan ekstensi gambar pada umumnya. Kalo menyimpan dalam ekstensi .psd (format asli photoshop) masih bisa alias ga ada masalah. Tapi ketika di save as atau export ke ekstensi yang sering kita gunakan seperti jpeg, png, dan lain-lain, photoshop akan menjadi error "Photoshop could not complete not enough ram".

Gejala ini sedikit membuat kepala pusing, dikarenakan photoshop jadi ga bisa ke pake lagi. terutama dikarenakan update windows 10nya. Padahal sebelum update, photoshop lancar ga ada masalah.



kalo nyimpan file errornya jadi begini :


Ternyata error ini memang diakui oleh photoshop merupakan bug yang ada pada photoshop. Bahkan bug ini belum diperbaiki pada Photoshop CC 2018. Sedangkan saya, menggunakan Photoshop CC 2015. Ternyata solusinya bisa di terapkan di Photoshop CC tahun berapapun, cuma sedikit ada perbedaan saja dibagian penambahan Dword registry-nya.

Solusi error Photoshop "An Integer between 96 and 8 required"

Nah, disini saya ingin memberikan solusinya, khususnya untuk Photoshop CC 2015. Solusinya simpel aja. Terlebih dahulu, pastikan aplikasi adobe photoshopnya telah ditutup. Beberapa tahap untuk menyelesaikan error ini adalah sebagai berikut :
1. Buka Registry Editor. Cara membuka registry editor bisa menggunakan run. Untuk membuka run tekan tombol "windows + r" di keyboard, lalu ketika "regedit" pada kolom run dan click tombol Oke.
2. Pada tampilan registry editor buka bagian "HKEY_CURRENT_USER\Software\Adobe\Photoshop\90.0"
3. Setelah membuka lokasi tersebut, click kanan dan pilih New -> "DWORD (32-bit) Value"
4. Rubah nama Dword yang telah dibuat menjadi "OverridePhysicalMemoryMB"
5. Setelah namanya dirubah, click kanan pada dword tersebut dan click Modify
6. pada windows yang tampil, click tombol decimal, lalu masukkan nilainya sesuai dengan total RAM yang ada pada laptop/PC anda. karena RAM PC saya 4GB, maka saya memasukkan 4096. Kalau 8GB, masukkan 8192.
7. Click Oke. dan tutup registry editor. Selesai Deh.

Kalau ngikutin tahapnya dengan benar, error an integer diatas pasti terselesaikan. Oh ya, kalo di Photoshop CC 2015 pada "HKEY_CURRENT_USER\Software\Adobe\Photoshop\" yang tersedia adalah "90.0" berbeda dengan di Photoshop lainnya yang mungkin 100.0, 110.0, ataupun 120.0 seperti pada Photoshop CC 2018. Namun untuk solusinya tetap sama, yaitu memasukkan DWORD registry "OverridePhysicalMemoryMB" sesuai dengan nilai RAM yang ada pada PC atau laptop anda.

Demikian solusinya bro.

11 Comments

  1. Terimakasih banyak bos, work !!

    ReplyDelete
  2. Wow, it works bro... gw pake window yg 64bit.... tapi edit tetap pake dword 32-bit dan semua berjalan dengan baik lagi... thanks

    ReplyDelete
  3. Thanks bro..it work..

    ReplyDelete
  4. Work, gan terima kasih

    ReplyDelete
  5. Thank u banget bang .. WOrk

    ReplyDelete
  6. Mantap. Its really works. Langsung ngacir sotosopnya. Thanks om

    ReplyDelete
  7. thank you, ini solved buat photosop 2014

    ReplyDelete
  8. NICE, THANKS A LOT

    ReplyDelete